Saturday, August 8, 2015

simple things matter

kalo hidup barengan manusia lain, tentu harus ada dong perasaan untuk tidak saling menyusahkan, kecuali kamu emang gak suka liat orang lain senang. ada hal-hal kecil yang sebenernya sangat berarti bagi orang lain, dan gak butuh tenaga besar untuk ngelakuinnya. ada tindakan sepele yang kita lakuin dan dampaknya akan sangat luar biasa.

saya sih masih memegang prinsip: berbuat baiklah sebagaimana kamu ingin diperlakukan. yang kamu perbuat adalah hal yang kamu ingin dapatkan dari orang lain. seperti karma, berbuat baik akan mendapatkan yang baik, berbuat jahat pun jangan marah kalo nantinya kita dijahatin. makhluk sosial yang pasti di sekeliling kita banyak manusianya pasti ingin hidup normal dan saling mengasihi. jangan terlalu egois, toh hak hidup kamu sama besarnya dengan orang lain. jadikan dunia tempat nyaman untuk ditinggali.

beberapa hal yang bisa saya rangkum dalam Simple Things Matter versi oyin adalah:

  1. berbaik hati dengan penyebrang jalan. kita tahu kalo di Jakarta minim banget jembatan penyebrangan (yang menurut saya tempat paling aman untuk menyebrang), tapi kita masih punya zebra cross. sayangnya, zebra cross gak aja di sepanjang jalan, maksudnya kalo kita nyari zebra cross buat nyebrang, pejalan kaki pun bisa kena termasuk dalam orang-orang yang "tua di jalan". menyebrang di tempat selain zebra cross tentu tidak salah (kalau emang zebra crossnya jauh, menurut saya). namun, tidak banyak pengendara yang berbaik hati untuk memperlambat laju kendaraan supaya orang bisa nyebrang :(. sedih. saya penakut dalam hal sebrang-menyebrang ini, dan semakin sulit menemukan kendaraan yang berbaik hati memberikan jalan untuk menyebrang. bahkan mirisnya, saat di jalur lain pengendara mulai melambat, kadang ada kendaraan yang menyalakan lampu hazard sambil ngebut, tanda dia gak mempersilakan. huhuhu. jangan egois seperti ini ya,  guys. kebaikan kamu sungguh akan diapresiasi oleh penyebrang jalan :)
  2. berterimakasih kepada pengendara yang berbaik hati memberhentikan/ memperlambat laju kendaraannya. saya seringnya jadi orang yang menyebrang, sehingga kalo ada yang sengaja memperlambat kendaraan dari jauh tuh rasanya luar biasa bahagia. baik bangeeettt. jangan lupa kalo udah dipersilakan menyebrang, berikan gesture seperti menganggukkan kepala sambil senyum atau mengucapkan terima kasih (walaupun pasti gak kedengeran). gak sadar kan hal kecil kayak gini pasti diapresiasi oleh si pengendara. bisa jadi seharian dia suntuk, bete, belom ada dikasih senyum, eh kita jadi orang pertama yang mengukir senyum di wajahnya. :')
  3. menjadi pengguna eskalator yang tertib. emang sih, papan petunjuk di sebelah eskalator itu cuma "hati hati, perhatikan langkah, dan awasi anak kecil/manula". tapi bukan berarti kalo gak ada instruksi tertulis jadinya kita bisa semena mena dan maruk makan tempat. lazimnya, eskalator sebelah kiri untuk orang yang cuma mau diem aja/ gak dalam keadaaan terburu buru dan eskalator sebelah kanan harus kosong agar jika ada yang ingin mendahului/ terburu buru bisa menggunakan lajur itu. gak sadar ya? dulu saya juga gitu, gak ada salahnya mulai mengubah kebiasaan. biar yang mau buru-buru gak perlu repot bilang "misi" tiap mau mendahului kita, dan kitanya gak perlu sewot merasa si pendahulu gak mau sabar di eskalator. :)
  4. bersempit-sempit di angkot/ KRL. saya pernah mengalami kejadian tidak mengenakkan. mungkin karena saya terlalu lebar atau mungkin orang-orang yang dulu satu angkot sama ya juga sama lebarnya. angkot kan gak bisa diatur ya luas space tempat duduk kita. kalo mau luas ya naiklah taksi. kadang ada beberapa angkot yang mau jalan kalo udah penuh (full tanpa space secenti pun). egois gak sih udah keadaan dalam angkot ramenya naudzubillah, tapi kita masih duduk ngelebarin kaki, gak mau geser sampe mentok, gak mau nahan napas biar spacenya luasan dikit (oke ini akan berakibat kamu mati). maksud gue, maksimalkanlah tempat yang ada biar semuanya kebagian duduk. kalo di KRL kan masih bisalah ya berdiri kalo gak dapet tempat duduk, nah kalo di angkot? bisa bisa kamu jongkok kayak saya pas naik angkot dari perempatan Pondok Ranji sampe depan GKI.
  5. gak merokok sembarangan. udah males sih saya bahas ini. kamu nahan diri untuk gak ngerokok atau cari tempat sepi buat memuaskan keinginan merokokmu bakal dapet ucapan terima kasih lahir batin, lho. serius.
  6. pake deodoran. WAAHH. ada ya jaman sekarang orang gak mau pake deodoran. alesannya takut bahaya lah, apalah apalah. cariiii, bacaaa, googling makanya biar tahu deodoran apa yang sehat dan gak mengandung bahaya. ada kok orang yang dianugerahkan untuk tidak memiliki body odor, but pleaaaseeee, jangan geer dulu. mungkin kamu gak termasuk orang orang spesial itu. masa bau ketek sendiri gak kecium? kalo kamu gak ngerasa penting pake deodoran, pakelah deodoran untuk orang-orang di sekitar kamu. atau at least, sering-seringlah ganti baju biar gak bau bau amat. ampun saya gak ngerti sama orang yang bertahan dengan kebauketekannya. pake deodoran hal sepele lho, jangan sampe orang ngadoin kamu deodoran saking kamu gak kena disindir.

segitu dulu deh yang bisa ditulis. semoga semakin hari kita menjadi pribadi yang semakin baik dan tidak bikin orang-orang di sekitar kita risih. 

5 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Aih Oyin ternyata aktif ngeblog. Kmana aja deh akoh baru mampir. Nanti takfollow pas pake laptop. Jangan lupa follow back ya *halah* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku baru mulai nulis lagi mbak, terakhir bulan april. hahaha. :))

      Delete
  3. Wah iya, bener nih, udah jarang nemuin pengemudi yang rela berhenti kl lihat orang nyebrang :'(

    Oya, sekalian mau info ya Mak, masih ada kesempatan ikutan #GiveAwayLebaran dgn total hadiah hingga 3 juta! Cek info disini yaa: http://heydeerahma.com/index.php/2015/07/13/kontes-blog-giveaway-lebaran-bersama-heydeerahma Ikut yaaaa..

    ReplyDelete

  4. kami menerima pembuatan dan pemasangan penghisap asap dapur
    hubungi kami di 081213965753
    IAS GROUP FABRICATION
    .
    Thanks to admin

    ReplyDelete