Monday, January 26, 2015

mengapa gampang gendut?

mungkin terlalu cepat menyimpulkan kalo dibalik masalah susahnya saya kurus adalah gangguan metabolisme.

based on the little research i did on the internet (thanks to google), i found out maybe i have this metabolism problem (more to read: here).

intinya sih ya kalo gak salah baca, metabolisme yang lambat ini artinya proses mencerna makanan di dalam tubuh terjadi dengan lambat sehingga ketika tiba jam makan berikutnya, makanan yang kita cerna sebelumnya malah belom terproses sempurna. makanya cepet gendut. kalo metabolismenya cepat sih bisa makan apa aja tanpa takut gendut. gitu simpelnya.

ciri-ciri metabolisme yang lambat adalah gampang capek karena tubuh kita gak dapet energi yang sempurna dari proses metabolisme tubuh. parahnya lagi: diabetes (masih perlu baca yang banyak banget biar bisa tahu lebih mendalam).

my point is, either you (luckily) have the fast or (maybe, sadly) slow metabolism, healthy life is a must. never wait to start yout healthy life program until you got sick. menyesal di kemudian hari bukanlah hal yang baik. bagi saya, yang gampaaaannngg banget gendutnya (bernapas aja bisa gendut kayaknya), ngurangin makanan manis dan berkalori tinggi udah jadi hal paling wajib. gak yang freak banget sih sampe ngecek kandungan kalori di tiap kemasan makanan, tapi diusahakan nggak berlebihan aja. saya sering banget nyoba makan secukupnya (that means, masih laper sebenernya tapi yaudahlah), tapi tetep tuh besoknya masih nambah gendut (itulah mengapa tidak disarankan menimbang berat badan setiap hari).

nyoba diet nasi merah, lumayan berhasil. ini pun kalo makan cuma dua kali, siang dan malam, tanpa snack, tanpa cemilan apapun di luar jam makan. suksesnya cuma sampe tahap berat badan gak naik aja. kalo turunnya mah ntaran ngarepnya. ngeri kan... padahal udah gak pernah minum minuman manis kecuali kopi di pagi hari (atau ditambah pas siang juga kalo mood gak bagus), makan buah sebagai pengganti sayur, dan gak makan nasi putih. sungguh masih sulit nurunin barang sekilo doang. makanya, suka sebel (iri) sebenenrnya sama yang udahlah kurus ya, masih aja bilang dirinya gendut, eh terus udahlah kurus dan jago makan, tapi seneng banget pamer kalo walopun dia makan banyak, beratnya gak bakal naik. KAN NGEHEK.

yang paling kurang dalam hidup saya mungkin masih masalah basi sepanjang jaman: OLAHRAGA. sori, untuk makan sayur gak masuk itungan karena saya mengganti sayur dengan buah. gak boleh protes.

kalo belom olahraga sih jangan berharap lebih, hiks.

tapi terus gak olahraga juga sampe sekarang...

terus cuma wacana...

terus sepatu olahraganya dimakan rayap...


*eh



saya percaya sih, kalo tubuh diperlakukan baik, hasilnya akan baik juga. karma does exist. makanya sebisa mungkin disayang-sayang dan RAJIN CEK KADAR GULA DAN KOLESTEROL. tahun lalu sempet ngecek, masih normal alhamdulillah. dulu sih masih barbar makannya, sekarang mudah-mudahan masih tetep normal.

my goal is living a healthy life. kurus mah cuma bonus (ini agak agak give up). udah jarang banget minum minuman manis, makan nasi putih, sama makan gorengan. yang kayak gini wajib diterusin! weekdays harus bebas dari makanan gak berguna karena pas weekend biasanya makan agak gak terkontrol. haha.

next plans:

  1. cek gula darah dan kolesterol. (di mall biasanya banyak dan murah)
  2. cari info sebanyak-banyaknya tentang how to fix slow metabolism.


wish me luck!

No comments:

Post a Comment