Wednesday, January 21, 2015

#OneMonthProductivityPlan

#OneMonthProductivityPlan adalah sebuah gerakan *halah* untuk menjadi lebih produktif yang digagas oleh….saya sendiri. Hehe.

Kemaren, beberapa detik setelah saya menghabiskan kopi di tengah-tengah mengikuti kuliah seminar akuntansi, saya tiba-tiba kepikiran untuk jadi lebih positif dan produktif di tahun ini. Efek kopi emang suka gitu ya, suka bikin semangat dan munculin ide-ide baru di kepala. That’s why I love it soooooo much! Ide yang muncul saat itu adalah, bagaimana menambah produktivitas di tahun yang baru, dengan melakukan beberapa kegiatan positif yang akhirnya akan menambah value pada diri saya. Wow, sounds exciting. Sebenernya sih cuma pengen bikin janji dan komitmen pada diri sendiri agar nggak males-malesan aja. Makanya, disusunlah sebuah rencana yang rencananya akan dituntaskan selama satu bulan (dan bulan berikutnya, dan berikutnya, dan berikutnya), dengan detail kinerja yang terukur. Disinilah #OneMonthProductivityPlan bermula.

Isi dari #OneMonthProductivityPlan gak perlu yang muluk-muluk, yang penting achievable dan enjoyable, sesuai passion dan hobi masing-masing. #OneMonthProductivityPlan bisa jadi sub-resolusi dari keseluruhan resolusi kamu di tahun 2015. #OneMonthProductivityPlan gak harus strict, tapi jangan sampe pelaksanaannya di bawah target. Kalo di atas target justru lebih bagus. Jika pada akhir bulan #OneMonthProductivityPlan terpenuhi atau melebihi target, di bulan berikutnya akan ada revisi rencana. Kamu bisa tambahkan targetnya, atau bisa juga tambahkan jenis output yang kamu mau (halah bahasanya yaaaa :p). ini juga buat ngetes sejauh mana komitmen dan konsistensi kamu dalam hal-hal kecil yang pada dasarnya adalah hal yang kamu sukai.

So, here’s my #OneMonthProductivityPlan:
  1. Rekaman dan upload soundcloud minimal sebulan sekali.
  2. Bikin youtube channel dan bikin video minal sebulan sekali.
  3. Nulis di blog minimal sebulan dua kali.
  4. Menyelesaikan minimal satu buah buku berbahasa inggris.

Udah, gitu doang. Simple dan menyenangkan, kan? :)
Agak gemeteran sih nulis nomor satu dan dua, soalnya butuh lokasi dan sumber daya yang datangnya dari luar. Harus berkolaborasi dengan musisi (hmm) kampus saya yang jadwalnya lumayan padat (bohong ding, sebenernya kapan aja bisa asal si musisi gak sibuk pacaran hahaa).

Kalo bulan ini terpenuhi semua, bulan depan list #OneMonthProductivityPlan mau ditambah lagi. Biar ada kegiatan bermutu aja sih. Gak ngak ngok merenungi tugas dan (soon) skripsi. Semoga istiqomah. Postingan ini juga pemenuhan rencana nomer 3, yang nomer 4 baru akan dilaksanakan pas weekend nanti. Harus dikebut soalnya Januari tinggal hitungan hari. Hahaha.

Rencananya pengen bikin #OneMonthHealthyLifePlan, tapi paling isinya cuma satu: olahraga minimal seminggu sekali. Sungguh aku takut berkomitmen kalo udah nyinggung-nyinggung olahraga -___-, jadinya pending dulu sampai…..waktu yang tidak bisa ditentukan :p.


So, I dare you to make #OneMonthProductivityPlan! Si kiki aja udah bikin, loh (ayo ki diposting di blog dong punya kamu). Kamu berani, nggak? :)

1 comment:

  1. Baca IQ84, jin. Bagus :)
    Can't wait for your youtube channel

    ReplyDelete