Tuesday, March 24, 2015

memperjuangkan sesuatu

kadang, saya sering berpikir. kapan terakhir kali saya pernah dengan sungguh-sungguh dan gigih memperjuangkan sesuatu. entah itu keinginan untuk menjadi kurus, keinginan untuk terus nulis di blog secara rutin dan sering, keinginan untuk memperlebar range suara, keinginan untuk berhemat, bla bla bla. seingat saya, belum ada hal-hal di atas yang saya perjuangkan dengan sekeras mungkin sehingga, ya, tidak ada hasilnya, dan buruknya: saya tidak kecewa.

saya termasuk orang yang suka sekali bermalas-malasan. suka menunda-nunda, serta tidak jarang menurunkan target dalam tiap capaian yang saya harapkan. saya sering nggak fokus, gak konsisten. suka tiba-tiba kehilangan semangat (hei, mana sini yang mau nyemangatin), dan terlalu toleran dengan kegagalan. gak apa-gak kurus, gak apa-apa gak bisa nada tinggi, gak apa-apa tugas papernya segini aja. see? gak ada obsesi sama sekali untuk menjadi paling baik.

padahal dulu saya ingat saya selalu ingin jadi yang pertama. selalu jadi juara kelas, selalu serius dalam setiap perlombaan, sampai ketika saya mulai bertambah usia, saya mulai tidak mau terlalu keras dalam mengingini sesuatu.

karena dalam sebuah harapan harus ada hati yang siap kecewa jika tidak tercapai harapannya. berharap jadi kebiasaan, tapi sayang bukan suatu kebisaan.

namun untuk langkah yang satu ini, saya sadar senyata-nyatanya bahwa perjuangan tidak boleh setengah-setengah. sekali ini lagi, saya harus mulai memperjuangkan sesuatu sekuat-kuatnya.


No comments:

Post a Comment