Friday, April 24, 2015

membaca itu sulit

sudah terlalu lama saya gak baca buku. eh, baca apapun sih, tulisan di internet, isi blog orang, atau artikel berita online. males. sungguh gak ada keinginan untuk menyelesaikan bacaan kalau sudah kelewat panjang. jadi, jangankan buku. sepenggal artikel aja sudah bikin mata lelah.

bohong. mata saya gak lelah, kok. cari-cari alesan aja sebenernya. tapi saya gak sebenci itu dengan membaca. saya suka sih kalo ketemu artikel-artikel yang menarik, seperti masalah kecantikan, kosmetik, kepribadian, atau sekedar blog teman dekat yang bikin mikir 'ih, bagus ya tulisannya'. dari situ biasanya saya jadi ada hasrat untuk menulis di blog lagi, kepancing postingan temen. dia aja bisa, kok saya enggak?

akhir-akhir ini memang momennya adalah momen membaca banyak sekali jurnal (yang sayangnya gak pernah selesai dibaca). persiapan outline, paper kuliah, dan presentasi. kenapa saya nggak terlalu tertarik, ya? maksudnya gak pernah bisa baca sekali beres, pasti banyak istirahatnya. terus setelah istirahat bakal baca ulang dari awal karena apa yang udah dibaca jadi ilang. zzz. gimana mau pinter, sih.

saya sedang ada tugas kuliah, membahas tokoh pemimpin dan kelompok saya memilih Mahatma Gandhi. banyaaakk sekali sumber di internet terkait Gandhi yang harus saya baca, eh tapi butuh waktu lama buat menyelesaikan bacaan di satu situs. hehehe. padahal saya kalo baca cepet, memahami yang lama. berasa lebih gampang ngerti kalo diceritain orang, daripada baca sendiri. ohiya, saya suka sekali mendengar orang berbicara (walaupun saya sendiri banyak omong gak berenti-berenti). maksud berbicara di sini adalah, berbagi hal yang gak saya tau, hal yang saya bisa tau dengan googling/ baca buku, hal yang udah saya tau tapi dari sudut pandang berbeda, atau hal apa saja yang seselera dengan saya. suka buntu kalo harus baca sendiri, soalnya sering banget terdistraksi dan terbersit pertanyaan-pertanyaan yang lebih enak ditanya langsung daripada googling. makanya, materi kuliah pun kalo bisa saya dengerin ulang dari temen yang jago ngomong tapi gak sok pinter. lebih cepet ngerti sih kalo dijelasin langsung. walaupun tiap kuliah ada yang presentasi, gak semuanya enak didenger dan gampang dipahami. ada yang presentasi malah bikin tambah pening (ah saya juga kayaknya gak bisa bikin ngerti orang kalo lagi presentasi). ada beberapa teman yang jagooooo banget nyusun kalimat dalam presentasinya dan itu bikin saya pengen di-les privat-in biar gak harus baca materi. enak aja lo, yin..

malas membaca itu sifat jelek banget yang masih saya coba buat perbaiki, huft. saya sih keras kepala, kalo gak suka sama yang dibaca ya gak bakal saya terusin walaupun itu materi kuliah. haha. padahal dulunya jagoan baca buku, sekarang semenjak apa-apa udah bisa online, ya baca yang ada aja. kebanyakan yang online kan gak panjang-panjang tulisannya, gak bikin bosen. ada sih yang kepanjangan, kayak tulisan tentang Gandhi yang lagi saya coba selesein. aslilah, heran sendiri kok gak kelar-kelar ya bacanya? haha

buruknya males membaca itu kebawa pas nulis. baca deh tulisan saya ini berantakan minta ampun. (ya gapapa yang penting kalo nyanyi gak berantakan)...

baca lagi, yuk. biar banyak bahan buat diceritain ke anak nanti..

No comments:

Post a Comment